Diberdayakan oleh Blogger.
Windows 7 Pen
RSS

Pages

Penentuan Harga, Permintaan, dan Penawaran (RESUME 1)


Penentuan Harga  adalah salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangikeuntungan yang dapat diperoleh organisasi Perusahaan.
  • Tujuan Penentuan Harga
1.   Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
2.   Mempertahankan perusahaan.
3.   Meraih ROI (Return on Investment).
4.   Menguasai Pangsa Pasar
5.   Mempertahankan status quo


     Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan, yaitu :
  1.   Harga barang itu sendiri;
  2.   Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif ;
  3.   Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat;
  4.   Selera dan prilaku seseorang atau masyarakat;
  5.   Jumlah penduduk. 

    Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum Penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran, yaitu : 
  1.   Harga barang itu sendiri;
  2.   Harga barang-barang lain (barang-barang substitusi);
  3.   Biaya produksi;
  4.   Tujuan-tujuan perusahaan;
  5.   Pajak;
  6.   Tingkat teknologi yang digunakan;
  7.   Perkiraan harga barang di masa datang.  
Maksud dari barang substitusi dan komplementer :

  • Barang substitusi adalah barang pengganti karena fungsinya sama. Contohnya, seperti teh dan kopi . Kalau harga kopi naik, maka orang cenderung lebih memilih teh.
  •  Barang komplementer adalah barang yang selalu digunakan bersama-sama (pelengkap). Contohnya, Permintaan kopi dan teh bertambah maka permintaan gula ikut bertambah. Karena gula merupakan pelengkap.
Cara agar permintaan di pasar naik, namun harga tetap stabil agar konsumen tetap memilih produk tersebut adalah produsen harus kreatif / inovatif / kreatif dalam mengingatkan konsumen. Ikuti perkembangan zaman. Jangan cepat puas dengan hasil yang telah didapat, karena kompetitor tetap membayang-bayangi.
Dengan studi kasus yang telah dijelaskan mengenai kenaikan harga BBM, pemerintah telah mensiasati berbagai cara dengan cara memberikan bantuan langsung tunai dan tambahan subsidi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Permintaan BBM tidak turun dengan harga yang naik karena masyarakat memang sangat membutuhkan BBM untuk kebutuhannya. Sedangkan BBM bukan barang substitusi yang tidak ada penggantinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar