Diberdayakan oleh Blogger.
Windows 7 Pen
RSS

Pages

Struktur Pasar (RESUME 4)

Struktur pasar ialah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang di hasilkan.

Pada analisa ekonomi dapat di bedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna seperti Monopoli, oligopoly, duopoly, monopolistic dan monopsoni.

1. Pasar persaingan sempurna.
Pasar persaingan sempurna dapat terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contohnya adalah Beras, gandum, dan kentang.

Sifat-sifat dari pasar persaingan sempurna, adalah
Jumlah penjual dan pembeli banyak
Barang yang di jual sejenis
Penjual bersifat price taker
Posisi tawar konsumen kuat
Sensitif terhadap perubahan harga.

2. Pasar Monopoli
Adalah suatu bentuk hubungan antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada 1 penjual yang lebih menguasai keadaan pasar dengan bertemu banyak pembeli atau konsumen.

Ciri-ciri dari pasar monopoli, adalah:
Hanya ada 1 produsen yang menguasai penawaran.
Tidak ada barang pengganti
Produsen memiliki kekuatan menentukan harga

3. Pasar Oligopoli
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual yang menguasai seluruh permintaan pasar.

Ciri-ciri dari pasar oligopoli, yaitu:
Terdapat beberapa penjual yang menguasai keadaan pasar
Barang yang di perjual belikan bersifat homogen dan berbeda corak

Jenis-jenis pasar oligopoly adalah:
Pasar oligopoli murni
Pasar oligopoly dengan pembedaan.

4. Pasar Duopoli
Adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang di kuasai oleh 2 perusahaan.

5. Pasar Monopolistik.
Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penerimaan dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama.

Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah, yaitu:
Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar
Barang yang di perjual-belikan merupakan pembedaan produksi.
Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produksinya sendiri

6. Pasar monopsoni
Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran diaman permintaannya atau pembeli hanya 1 perusahaan.
Contoh:  PT. Kereta Api Indonesia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar